Inilah 22 Jenis Kurma Terpopuler yang Wajib Kamu Ketahui

Halo semuanya, selamat datang di portal dunia suka-suka, tempat mencari informasi dan gudangnya referensi. Pada kesempatan kali ini mimin bakal memberikan informasi tentang jenis-jenis buah kurma yang ada di dunia.

Kurma adalah buah yang tumbuh dari pohon palem keluarga Arecaceae dari genus phoenix. Kurma diyakini berasal dari tanah disekitar tepi sungai nil dan efrat. Saat ini, bukan hanya tumbuh di Arab saja tapi pohon kurma dibudidayakan secara luas di wilayah beriklim hangat di semua benua, termasuk di Afrika, Australia dan Amerika.

Sudah menjadi tradisi kebanyakan orang disetiap menjelang bulan Ramadhan, banyak orang yang membeli buah kurma untuk dijadikan stok menu berbuka puasa.Seperti yang disunahkan Rasulullah saw untuk berbuka puasa dengan buah kurma baru setelah itu memakan makanan lainnya. Hal itu karena buah kurma mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Jika di makan secara rutin akan meminimalisir penyakit kanker dan jantung. Buah kurma juga kaya akan serat yang dapat mencegah kolestrol. Sangat bermanfaat melancarkan buang air besar dan merupakan sumber zat besi yang baik.

Ada ratusan jenis kurma yang ada di dunia, di Arab saja ada sekitar 300an jenis. Ini belum termasuk Iraq, Mesir, Yaman, dan beberapa tempat lainnya. Lalu, jenis kurma seperti apa yang populer di dunia? Berikut ulasannya

1. Kurma Sukari

sukari

Jenis Kurma ini mempunyai tekstur kenyal dan lembut dengan warna cokelat gelap. Nama lain dari kurma sukari adalah kurma Raja, hal ini dikarenakan pada zaman dahulu kurma ini merupakan favorit para raja-raja. Dan ternyata setelah diteliti lebih dalam kurma sukari bermanfaat untuk penambah stamina dan vitalitas pria.

Kurma ini berasal dari Arab Saudi dan termasuk salah satu jenis kurma termahal. Ada dua jenis kurma sukari, yang pertama kurma sukari basah dan yang kedua kurma sukari kering.

2. Kurma Sekki

sekki

Jenis kurma yang satu ini memiliki dua warna dibagian buahnya. Bagian atas berwarna kekuning-kuningan sedangkan bagian bawahnya berwarna kecoklatan.

Jika dimakan bagian yang berwarna kuning terasa lebih keras sedangkan yang berwarna coklat rasanya lebih empuk dan kenyal. Untuk tingkat kemanisannya termasuk golongan sedang.

3. Kurma Ajwa

ajwa

Kurma yang satu ini merupakan kurma favorit Rasulullah, yang hanya tumbuh di Arab Saudi, tepatnya di kota Madinah. Warnanya hitam legam, teksturnya lembut, rasanya tidak begitu manis hampir mirip seperti buah kismis.

4. Kurma Khidri

khidri

Jenis kurma ini memiliki warna coklat terang dengan tekstur yang agak kering dan kulitnya yang keriput. Untuk rasanya sendiri kurma ini termasuk golongan yang manis karena itu jenis kurma ini banyak dijadikan untuk berbagi macam olahan seperti kurma isi almond, orange hingga untuk campuran cokelat.

5. Kurma Barhi

kurma barhi

Kurma yang satu ini berbentuk silinder dengan warna kuning terang. Untuk jenis kurma ini keberadaanya sulit ditemui ketika bulan Ramadhan namun, di hari-hari biasa kurma ini banyak dijual. Untuk rasanya sendiri kurma barhi termasuk kurma yang manis, tekstur nya lebih tebal dari kurma yang lain dan rasanya hampir mirip seperti karamel.

6. Kurma Monief

monief

Jenis kurma Monief ini memiliki warna cokelat terang, dan ukuran yang tidak terlalu besar. Jenis kurma ini memiliki rasa manis sedang dan daging buahnya memiliki tekstur yang lembut.

Kurma Kholas

Jenis kurma ini mirip dengan kurma barhi dengan warna coklat terang dan agak lengket. Citarasanya mirip seperti karamel ketika sudah matang. Di kalangan masyarakat Arab Saudi, kurma ini cukup terkenal karena cita rasanya yang ga terlalu manis dan memiliki tekstur yang empuk. Kurma ini terkenal dari daerah ‘Huffuf’ (Al-Ahsa) dan ‘Qatif’ di Timur Provinsi Arab Saudi (Al-Sharqheyah).

7. Kurma Maktoum

maktoum

Jenis kurma yang satu ini memiliki ukuran yang besar dengan warna merah agak kecoklatan. Kulit buahnya tebal dan memiliki cita rasa yang manis.

8. Kurma Majol

majol

Kurma Majol mempunyai bentuk yang agak besar dan mengandung banyak air dengan warna merah agak kecoklatan. Dengan kulitnya yang agak tebal dan rasanya yang manis membuat kurma ini menjadi favorit banyak orang. Jenis kurma ini biasa ditemui di daerah Maroko. Tapi bisa juga tumbuh di tanah Arab Saudi, Palestina, dan AS.

9. Kurma Mabroom

kurma mabrom

Jenis kurma ini merupakan kurma yang berasal dari Madinah, Arab Saudi. Kurma yang satu ini termasuk kedalam kurma premium, dan merupakan salah satu jenis kurma kering yang dijual dalam kuantiti yang besar pada bulan Ramadhan.

Buah nya berbentuk lonjong, ukuran sedang, dan berwarna kuning kehitaman. Rasa dari kurma mabroom sangat nikmat, karena dagingnya kenyal, cukup tebal, dan rasa manisnya sangat pas.

Mengandung Potassium 2 kali lebih banyak dari Pisang. Selain itu juga mengandungi kandungan Fiber,Vitamin dan Mineral yang tinggi. Dengan memakan buah kurma mabroom secara rutin akan membuat rahim sehat Tak heran kalau kurma mabroom banyak dijadikan cemilan atau snack yang lazat dan sehat

10. Kurma Silaj

silaj

Kurma jenis ini mempunyai bentuk yang lonjong dengan warna kecoklatan. Daging buahnya memiliki tekstur yang lembut dan rasanya yang tidak begitu manis.

11. Kurma Zaghloul

zaghloul

Jenis kurma banyak ditemukan di negara Mesir. Kurma ini terdapat banyak kandungan gula, karena itu membuat harga kurma ini cukup mahal. Dilihat dari bentuknya, kurma ini mirip seperti buah melinjo.

12. Kurma Deglet Noor

deglet noor

Jenis buah Kurma yang satu ini banyak ditemui di negara Libya, Algeria, Tunisia, dan Amerika Serikat. Nama Kurma ini berarti ” cahaya “ sesuai dengan ciri warnanya yang mirip sinar matahari yaitu kuning keemasan. Untuk rasanya sendiri tidak terlalu manis.

13. Kurma Mozafati

mozafati

Jenis kurma ini banyak ditemui di daerah Kerman, Iran. Kurma yang biasa disebut dengan “Kurma Bam “ ini memiliki warna gelap dengan tekstur lembut, berukuran sedang, dan memiliki rasa yang manis. Kurma Mozafati termasuk kurma awet, bisa sampai dua tahun jika disimpan disuhu yang dingin.

14. Kurma Thoory

1.-kurma-thoory

Sering pula disebut thuri, buah ini merupakan jenis kurma yang sangat populer di Aljazair. Buah kurma thoory biasanya kering dengan warna cokelat kemerahan dan ketika diawetkan, warnanya berubah menjadi kebiru-biruan.

Kulitnya pun sangat keriput. Daging buahnya agak keras dan rasanya manis serta terdapat sentuhan rasa kacang. Kurma ini juga cukup tahan lama jika disimpan. Di Indonesia, kurma jenis ini juga cukup banyak ditemui.

15. Kurma Anbara

Kurma Anbara

Kurma ini besar yang menjadiknnya favorit, berdaging tebal dan biji kecil. Kurma ini juga salah satu dari varietas yang paling mahal, rasanya manis, warna coklat dan penuh protein.

16. Kurma Safawi

kurma-safawi

Jenis Kurma ini  hitam manis, berdaging tebal dan penuh  vitamin. Teksturnya lembut dan dibudidayakan di Madinah. Jenis kurma ini dikenal karena sifat penyembuhannya. Jika dimakan pada saat perut kosong, Kurma Safawi dapat membunuh cacing perut. Kurma Safawi juga terkenal karena kandungan mineral yang tinggi

17. Kurma Amer Hajj

jenis jenis kurma

biasa juga disebut dengan Amir Haji. Jenis kurma ini memiliki daging yang sangat lembut dan juga tebal. Dalam beberapa tradisi kurma jenis ini sering dikenal dengan “welcome kurma”, atau kurma yang dihidangkan untuk menyambut tamu.

18. Kurma Halawi

kurma halawi

Disebut juga dengan kurma holwah yang dalam bahasa arab artinya manis. Seperti namanya kurma ini rasanya sangat manis dibanding dengan jenis urma yang lain.

19. Kurma Ruzeiz

kurma ruzeiz

 

Kurma Ruzeis merupakan salah satu varietas yang populer di tanah Arab. Berbentuk bulat dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan memiliki tekstur daging lembut sedikit kenyal.

20. Kurma Lulu

kurma lulu

Kurma yang memiliki nama mirip seorang gadis kecil ini berasal dari negara Uni Emirat Arab. Bentuknya bulat dengan warna coklat agak tua yang membuatnya menyerupai kurma ajwa. Dagingnya terasa lembut dan sedikit liat. Rasa manisnya sedang, sehingga banyak digemari oleh penikmat kurma yang tidak menyukai rasa manis

21. Kurma Ruthab

ruthab

Jenis kurma ini biasa juga disebut kurma muda, karena dipetik saat masih muda. Warnanya kuning cerah, dagingnya lembut, empuk dan rasanya manis. Kurma ini bisa dikategorikan sebagai kurma basah.

Kurma ruthab juga dikenal dapat meningkatkan kesuburan, sehingga sangat cocok dikonsumsi pasangan yang sedang berupaya memiliki momongan. Kandungan nutrisinya yang cukup tinggi juga bagus untuk ibu hamil atau sedang menyusui.

22. Kurma Tunis

tunis

 

Sesuai dengan namanya, jenis kurma ini berasal dari negara Tunisia. Kurma tunis identik dengan kurma yang ada tangkainya. Warnanya coklat cerah, dagingnya liat dan agak renyah. Rasa manisnya juga pas.

Kurma tunis ini termasuk yang paling familiar bagi keluarga Indonesia. Kurma ini bisa dimanfaatkan dalam momen apa saja. Suguhan tamu, oleh-oleh, hidangan untuk buka puasa, bahkan hidangan lebaran.

 

 

 

2 thoughts on “Inilah 22 Jenis Kurma Terpopuler yang Wajib Kamu Ketahui”

Leave a Comment